Sabtu, 19 Mei 2012

KENDARAAN KHAS JAKARTA

KENDARAAN KHAS JAKARTA


BUSWAY
    Transportasi umum memang sangat menjadi andalan bagi orang-orang non pribumi di suatu tempat, salah satunya di Jakarta. Kali ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang transportasi KHAS Jakarta, apa itu?? Busway.. yupz itulah dia.
     Busway ialah transportasi yang pertama kali di luncurkan pada 15 Januari 2004 (sumber: Transjakarta), transportasi yang berupa kendaraan Bus besar, mungkin kapasitasnya sekitar 40-60 orang dengan kondisi duduk dan berdiri. Namun design busnya sendiri sedikit berbeda dengan bus pada umumnya, seperti bus-bus antar kota yang lebih banyak didominasi kursi duduk berbeda dengan busway yang lebih banyak di sediakan ruang untuk penumpang berdiri. Design bus seperti ini memang banyak digunakan untuk bus-bus jurusan dalam kota (jarak dekat).


BAJAJ

Alat transportasi yang berasal dari india ini juga sering ditemui ditiap ruas jalan kota jakarta. Walaupun aslinya bukan berasal dari indonesia, tapi bajaj juga masih menjadi transportasi favorit di ibu kota (Ya dalam jarak tempuhnya sekala kecil.. yang deket-deket aja, abis kalo kelamaan naik bajaj bisa bikin kuping pengang..hehe) Bajaj punya kembaran yang namanya Kancil, bentuknya lebih bagus dan ga bikin kuping pengang, tapi tarifnya diatas bajaj sedikit tergantung seberapa jauh jarak tempuh tujuan.
Tapi bajaj terbukti lho bisa di tumpangi oleh 6 orang, saya nih buktinya. Waktu jaman SMA saya seneng banget naik bajaj, mulai dari sekolah didaerah Pasar Genjing sampe Bioskop Megaria atau dari rumah temen didaerah Salemba sampai Rawamangun (Ya walaupun pasti abis kita turun si abang supir bajaj ngelus-ngelus dada deh berasa rugi udah ngangkut kita karena ongkosnya ga sebanding kalo bajajnya turun mesin..hehe)


METROMINI


Metromini, adalah sebuah alat transportasi yang dapat mengangkut banyak penumpang ukurannya sama dengan bus kota seperti biasa, tapi menurut saya alat transportasi ini sangat ‘khas jakarta sekali’ karena selain namanya unik yang berbeda dengan nama bus kota yang lain. Metromini hanya terdapat di jakarta.
Walaupun metromini punya kembaran yang bernama Kopaja. Tapi kenapa yang lebih terkenal Metromini? (Ya mungkin karena rute tujuannya juga lebih banyak si metromini kali ya atau karena sopirnya yang kadang ngendarainnya suka se-enak-e dewe..hehe) Satu lagi nih kalo naik metromini akan merasakan sensasi tersendiri lho, karena enggak harus mahal-mahal ke dufan kita udah bisa ngerasain sensasi naik roller coaster di metromini.. Adrenalin kita sudah diuji sama si sopir yang suka kebut-kebutan karena lagi ngejar setoran..hehe
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar